Boleh Disebar..

Rabu, 25 Juli 2012

Sayang Hewan menjadi modal bisnis MARRYBUNNYTOWN


Rasa cinta Sary Melati atau yang biasa disapa Sary akan hewan peliharaan tercermin dari raut wajahnya yang berbinar ketika menceritakan hewan-hewan di petshop-nya. Saat berbincang-bincang  ibu yang juga hobi menulis ini sempat menuturkan kiat memelihara hewan peliharaan, “Jangan memanusiakan hewan karena itu akan menyalahi kodrat alami mereka.”

Bagi Sary dan keluarga, hewan tak seperti manusia. Mereka tak berpikir, mereka hanya merespon energi pemiliknya karenanya sang pemilik wajib memberikan energi positif kepada hewan peliharaan. Dalam merawat serta memelihara hewan sebaiknya jangan anggap mereka seperti anak sendiri dengan memberikan perhatian berlebihan serta fasilitas yang didasari pada hasrat sang pemilik yang sebenarnya tak dibutuhkan oleh hewan. “Tetaplah menganggap hewan sebagai hewan. Anda cukup mencintainya dan memenuhi kebutuhan alaminya. Treat your pet well,” saran Sary.

Sesuai pengakuan Sary kepada CE, bisnisnya yakni MaruBunnyTown.Com didirikan bukan semata-mata untuk menghasilkan uang atau keuntungan berlimpah. “Bisnis kami adalah bisnis hobi. Kami tidak menjual produk yang dapat diproduksi secara massal dan dijual dalam jumlah banyak,” jelasnya. MaruBunnyTown melibatkan makhluk hidup lain yang memerlukan waktu untuk berkembang biak serta pemeliharaan dan perawatan yang tepat.

Sary beserta M. Ahadiyat, suaminya, lebih mementingkan kualitas serta kesehatan pet sebelum ada pelanggan yang berminat membelinya dari mereka. Keduanyapun menerapkan sistem pembelian hewan peliharaan dengan sebelumnya memasang foto anakan pets di internet dan mengarahkan calon pembeli untuk mengunjungi serta membaca blog MaruBunnyTown terlebih dahulu sebelum datang ke tempat mereka. Bagi Sary, hal itu sangat penting agar calon pembeli bisa tahu kondisi hewan peliharaan yang akan mereka beli. Selain untuk memuaskan hati pelanggan, cara ini juga berguna untuk memastikan bahwa hewan peliharaan yang berasal dari toko online mereka dalam kondisi sehat.

Bercerita mengenai awal pendirian usaha petshop online-nya, Sary menuturkan mulanya konsep bisnis MaruBunnyTown.Com adalah online petshop rabbit speciality yakni menjual beragam jenis kelinci hias hasil ternak sendiri di rumahnya yang berlokasi di Sawangan, Depok, serta menyediakan dan menjual pakan, vitamin atau obat dan beragam perlengkapan khusus kelinci. Strategi online diambil Sary dan sang suami dengan alasan dapat meminimalisasi biaya sebab tak perlu mengeluarkan uang untuk menggaji karyawan sebagaimana halnya bila mereka memiliki toko. Berbekal sarana yang memang sudah dimiliki yaitu koneksi internet dan laptop, Sary menganggap online merupakan konsep yang jauh lebih praktis dalam berbisnis. Merekapun bisa membagi waktu dengan lebih efisien, kapan harus mengelola bisnis dan kapan mengurus rumah tangga serta meluangkan waktu untuk anak-anak mereka.

Penjualan secara online itu resmi dilakukan pada 24 Desember 2009 dengan memanfaatkan blog mereka yang beralamatkan di http://marubunnytown.blogspot.com. Kemudian pada 13 Januari 2010, mereka membuka halaman bisnis di Facebook Page dengan nama yang sama dan 8 Agustus 2010, mereka memutuskan membeli domain nama marubunnytown.com. Nama MaruBunnyTown itu sendiri berasal dari ide kedua anaknya, Asyah dan Ashira, yang diambil dari nama kelinci Angora Loop peliharaan mereka yaitu maru. Sedangkan nama bunny town terinspirasi dari buku yang pernah dibaca oleh para buah hati Sary yang mengisahkan sebuah kota yang hanya didiami oleh kelinci.

Walau berasal dari hobi, Sary bukan terhindar dari suka duka dalam melakoni bisnis petshop rabbit speciality ini. Mulai dari perawatan dan pemeliharaan kelinci yang dilakukannya tanpa campur tangan orang lain hingga proses pengiriman yang riskan kematian hingga membuat Sary dan suami lebih peka lagi akan kelangsungan hidup kelinci-kelinci itu setelah terlepas dari pengasuhan mereka. Pengalaman tak menyenangkan juga dialami pasangan suami istri itu ketika melihat ada pihak yang hanya mengambil keuntungan (money oriented) dari hewan yang mereka pelihara tanpa memerdulikan kebutuhan dasar serta kebahagiaannya.

Berangkat dari pengalaman pahit itu, MaruBunnyTown mendaur ulang konsep awal yang semula hanya sebatas petshop rabbit speciality menjadi MaruBunnyTown-Pet Services dengan harapan dapat menjadi animal breeder yang lebih baik, knowledgeable animal lover dan mampu membagi pengetahuan kepada sesama animal lover yang lainnya. Dimulai pada Januari 2011, blog MaruBunnyTown yang semula berisi foto-foto kelinci yang dijual dan beberapa foto produk diubah menjadi blog yang berisi foto-foto pets yang mereka pelihara lengkap beserta dengan kegiatan serta artikel seputar perawatan dan pemeliharaan hewan. Menurut Sary, kekuatan personal menjadi kekuatan utama dalam meningkatkan personal branding MaruBunnyTown. Bersamaan dengan itu, minatnya terhadap pets semakin luas dan tak hanya terbatas pada kelinci saja.

Menanggapi kompetitor, Sary dan suami tak memperlakukan mereka sebagai pesaing bisnis melainkan teman yang saling melengkapi. Sebab menurutnya dari mereka-lah, Sary dan suami memeroleh ilmu mengenai perawatan hewan. Sarypun dengan senang hati akan merekomendasikan ke breeder lain yang telah dikenal dan memiliki reputasi baik bila hewan peliharaan yang diinginkan konsumen tak dimiliki oleh MaruBunnyTown.

Mengenai jangka pendek dan panjang dalam mengelola MaruBunnyTown, Sary beserta suami menyimpan sejumlah harapan yakni terus meningkatkan personal branding MaruBunnyTown.Com (jangka pendek) serta memiliki sebuah tempat yang lebih luas untuk mewujudkan konsep MaruBunnyTown sebagai pet services yang tak hanya sekedar menjadi animal breeder tapi juga mampu menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan dan perawatan hewan dengan harga terjangkau (jangka panjang). “Perjalanan MaruBunnyTown untuk kami, masih panjang. Saat ini masih berproses. Kami sudah puas dengan setiap tahapan yang kami lewati tapi tidak akan berhenti sampai impian kami tentang MaruBunnyTown tercapai,” jelasnya.

Harapan Sary akan MaruBunnyTown merupakan sikap optimisnya terhadap peluang bisnis yang dilakoninya ini di masa yang akan datang. Sary yakin bisnis itu akan bergerak positif seiring dengan energi positif yang selalu dikeluarkannya dalam mengelola MaruBunnyTown. “Saya yakin akan selalu bagus karena selalu ada animal lover dan segala sesuatu yang dilandasi cinta will last forever,” ucapnya kepada CE melalui surat elektronik beberapa waktu lalu.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

sekedar blog walking..? isi kolom komentar kami ya..:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

klik juga